Jumat, 04 Oktober 2013

Mobil Katak bisa melaju di darat dan air

Apapun dapat menginspirasi sebuah teknologi, seperti mobil dua medan yang meniru hewan amfibi sehingga dapat di kendarai di darat maupun di air Seperti halnya katak, mobil amfibi tidak lincah di daratan, di permukaan air pun mobil yang satu ini mampu melaju secara baik.  Mulai dari jenis mobil mobil, ATV, bis bahkan truk, tidak luput dijadikan mobil amfibi. Di bawah ini beberapa mobil amfibi yang terkenal.

Mobil Amfibi


1. Amphicar

Amphicar adalah mobil amfibi yang mulai dipasarkan pada tahun 1961, dirancang oleh Hanns Trippel dan dibuat oleh Quandt group di Lübeck dan Berlin-Borsigwalde, Jerman. Nama Amphicar adalah gabungan dari “amphibious” dan car.” Meskipun buatan Jerman, mesin amphicar menggunakan mesin dan desain Triumph Herald 1200.  Di daratan Amphicar dapat melaju sampai 110 Km/jam, dan diperairan sampai 7 knot. Jika sebelumnya berkekuatan 1147cc, Amphicar berikutnya memiliki performa 1296 dan 14937cc.

Mobil amfibi buatan Jerman yang satu ini di rancang khusus untuk dipasarkan di Amerika Serikat, sampai tahun 1965 hanya diproduksi 4000 unit.  Tak heran jika sebagai benda koleksi Amphicar mempunyai nilai tinggi.

Mobil Amfibi


2. Volkswagen Schwimmwagen

Mobil Volkswagen Schwimmwagen dibuat oleh Ferdinand Porsche untuk mobil militer Perang Dunia II, pada tahun 1941. Bentuk VW Beetle amfibi berbeda dengan VW Beetle versi darat, ukuranya lebih kecil. Volkswagen Schwimmwagen bekerja dengan satu baling-baling dan roda depan yang berfungsi sebagai kemudinya. Baling-baling itu akan melipat, jika mobil sedang berada di daratan. Meskipun berat dan lamban, tapi dengan kekuatan 1131cc dan 25 tenaga kuda unggul di medan off road.

Mobil Amfibi


3. Rinspeed Splash

Rinspeed Splash dikenal sebagai mobil amfibi sekaligus mobil sport buatan Rinspeed di Swiss yang dibuat pada 2003 lalu. Rinspeed Splash dapat melaju sampai 200 Km/jam di daratan, 45 knot melaju diperairan. Dengan kekuatan mesin 750 cc, dua silinder, mesin turbo, 140 tenaga kuda, mampu mengakselerasikan kecepatan dari 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik.  Rinspeed Splash menjadi sorotan pengunjung ketika dipamerkan untuk pertama kalinya di Geneva Motor Show pada 2004.

Mobil Amfibi


4. LARC-V

LARC-V (lighter, Apmhibous Resuply, Cargo, 5 ton), adalah mobil amfibi yang dibuat dari bahan almunium. Meski bobotnya ringan namun mampu menampung beban sampai 5 ton. LARC-V dibuat di Amerika Serikat pada 1950  dan dikembangkan sampai sekarang. mobil tangguh kebanggaan militer AS, memiliki panjang 35 kaki, lebar 9,9 kaki dan tinggi 12 kaki. Di daratan LARC-V mampu melaju sampai 45 km/jam, diperairan 10 knots.  Karena daya tampungnya berat, maka LARC-V hanya mampu mengapung diperairan dangkal maksimal 100 cm saja.

Mobil Amfibi


5. Python – The World’s Fastest Amphibious Vehicle

Dave March mulai mengonsep,  membuat dan memperbaiki mobil amfibinya sejak tahun 1976 ketika membuka bengkel di wilayah Faountain Valley, California. lalu pada akhirnya pada 2006, Marc mendirikan perusahan otomotif Watercar Inc. Melalui Watercar lahirlah Python, yang diklaim Marc  sebagai mobil amfibi tercepat. Di perairan Python dapat melaju sampai 52 knot, dengan spontanitas akselerasi 0 – 52 knots  dalam 4,5 detik.  Python terbuat dari mesin berbahan alumunium besutan LS Corvette.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita & informasi terbaru - All Rights Reserved SeoNey by Blog Ney's