Minggu, 29 September 2013

Asal Usul Kentang

Selalu ada yang baru dalam dunia pengetahuan, meski banyak riset yang gagal namun banyak pula riset yang berhasil dan dapat di manfaatkan hasil riset tersebut. juga banyak sekali hal yang di jadikan objek penelitian oleh para ilmuwan. mulai dari meneliti hewan,tumbuhan dan lain-lain, bahkan tuhan pun di teliti oleh para ilmuwan.

Tapi kabar yang ini bukan hasil riset penelitian tentang tuhan, namun Riset tentang kentang. para ilmuwan internasional yang tergabung di Institut James hutton di Skotlandia telah berhasil mengungkap asal muasal umbi Kentang.yaitu lebih detailnya telah berhasil menerjemahkan Urutan DNA lengkap ( Genom ) dari kentang untuk pertama kalinya ( Di beritakan di BBC 10 juli lalu ).

Genom adalah peta tentang bagaimana semua Gen di satukan. dari hasil temuan ini sangat besar sekali harapan dalam hal peningkatan hasil panen dari salah satu tanaman pangan penting di dunia yaitu kentang. Peneliti di Institut  James Hutton di Dundee, Skotlandia, itu juga mengungkapkan penemuan itu membuat pengembangan varietas kentang akan jauh lebih cepat.  juga Profesor Gordon, Ketua Institut James Hutton, mengatakan penemuan itu memungkinkan langkah pembibitan untuk menciptakan varietas yang lebih bergizi serta tahan terhadap hama.


menerjemahkan genom kentang

Profesor Gordon, Ketua Institut James Hutton (Sumber: hutton.ac.uk)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita & informasi terbaru - All Rights Reserved SeoNey by Blog Ney's