Kamis, 19 September 2013

Cara-cara unik untuk relaksasi

Relaksasi adalah kondisi mengistirahatkan kelelahan fisik dan mental manusia. namun gerak jiwa tidak berhentii. Searah dengan definisi Relaksasi Menurut Thantawy (1997: 67) “ Relaksasi adalah teknik mengatasi kekhawatiran/kecemasan atau stress melalui pengendoran otot-otot dan syaraf, itu terjadi atau bersumber pada obyek-obyek tertentu ".

Relaksasi dalam kesehatan mempunyai peran aktiv yang besar sebenarnya, Relaksasi dapat menurunkan resiko serangan jantung, mengatasi masalah kesehatan mental, memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan memori, serta menurunkan ketegangan otot. Relaksasi juga sangat berpengaruh positiof terhadap kesehatan bathin seperti pengendalian emosi dan kekuatan mental.

Namun selain sekedar pijat banyak sekali cara untuk merilekskan diri, berbagai cara orang menciptakan cara sendiri untuk merilekskan diri, ada juga yang dengan mengikuti terapi terapi tertentu. tapi selain terapi pijat dan yg sudah kita tahu. ada beberapa cara terapi unik yang di lakukan orang-orang berbagai dari belahan dunia.


HOT STONE MASSAGE

teknik relaksasi unik

Pemijatan dengan menggunakan batu panas ( hot stone ) adalah terapi kuno yang berguna untuk meredakan nyeri otot sebagaimana di lakukan oleh penduduk Amerika, Cina, Jepang dan Hawai. karena batu panas memberikan unsur terapi yang menjadikan tubuh agar lebih rileks.

Sedang secara modern terapi batu panas di kenalkan oleh Mary Nelson dari LaStone. Kini teknik tersebut sering kita jumpai di tempat teknik-teknik terapi.

Batu yang di gunakan adalah batu halus yang sudah di panaskan. batu - batu ini kemudian di gunakan baik sebagai perpanjangan tangan terapis, maupun hanya ditempatkan pada tubuh.


HIRUDO THERAPY (Terapi Lintah)


teknik relaksasi unik



Terapi dengan Lintah memang sering kita dengar, tapi terapi ini memang tergolong unik karena penggunaan hewan penghisap darah jenis lintah sebagai media terapi. Terapi ini banyak di pakai berbagai negara termasuk pula Jakarta. manfaatnya bukan sekedar rileks tapi juga menjadi pengobatan penyakit alternatif.



Kelenjar ludah lintah memiliki zat-zat bioaktif yang kaya manfaat, seperti mampu mengencerkan pembekuan darah, melancarkan sirkulasi darah, mempunyai efek anti-inflamatori, imonustimulan, imunomodulasi, antibakteri, dan antikoagulasi. namun penelitian lebih lanjut mengenai efek kelenjar ludah perlu di lakukan.



FIRE CUPPING


teknik relaksasi unik


Teknik terapi ini banyak di pakia di Cina dengan menggunakan bola kapas yang di celupkan dalam alkohol kemudian di sulut api. bola tersebut di gunakan untuk memanaskan mulut cangkir. setelah panas mulut cangkir tersebut di tempelkan pada bagian tubuh orang yang di terapi.



posisi peletakaan cangkir bisa berpindah-pindah pada titik-titik meridian. terapi ini juga di percaya meningkatkan kekebalan tubuh.



FIRE MASSAGE


teknik relaksasi unik

Terapi ini hampir sama dengan teknik terapi Fire Cupping ( terapi api cangkir di atas ) namun media dan prosesnya yang berbeda.


Terapi ini ada yanag menggunakan lilin khusus yang di balurkan ke tubuh kemudian di bakar, ada juga yang menggunakan handuk khusus dengan menggunakan semacam obor kecil yang menyalaa.



Teknik pemijatan tersebut sama-sama terfokus pada lapisan kulit terluar ( epidermis ). di mulai dari pemijatan untuk membuka dan melenturkan pori-pori kulit. baru proses pemanasan api di berikan pada bagian tubuh terluar. pastinya dalam proses ini mengalami detoksifikasi ringan, dimana keadaan tubuh akan bereaksi pada api.



Di tambah lagi sentuhan khas tarian api oleh pemijat menambah efek menenangkan, membangkitkan spirit dan pastinya membuat rileks.



BAMBOO-FUSION MASSAGE


teknik relaksasi unik



Terapi jenis ini di kembangkan oleh Nathalie Cecilia, terapis pijat bersertifikat Thailand yang tinggal di Amerika Utara, ketika Cecilia menangani klien seorang pria yang ingin tekanan lebih dalam pemijatan. Saat ia akhirnya menggunakan bambu untuk memijat, klien merasa pemijatannya sangat kuat



Dalam proses pemijatan, menggunakan beberapa bambu ataupun rotan yang di potong beberapa ukuran dan bentuk. bambu di haluskan dan di vernis hingga lembut dan aman bagi kulit tubuh.



Bambu hangat ini di gelindingkan, di tepuk-tepukkan atau di tekan-tekan pada bagian tubuh. karena media bambu hangat, maka efek nyaman yang timbul, meregangkat oto yang tegang, melancarkan sirkulasi darah dan membuat rileks.



FACIAL SIPUT


teknik relaksasi unik


Terapi menggunakan sifut terkenal di Amerika selatan pada beberapa salan kecantikan, di korea selatan, dan juga rusia. Sang penerapi akan meletakkan sejumlah siput di leher dan wajah pelanggan, dan membiarkan siput merayap bebas.



teknik ini juga sebenarnya telah di gunakan sejak dulu, tepatnya yunani kuno. teknik jenis ini mempunyai banyak manfaat. Sekresi siput bisa melindungi kulit dari luka, bakteri, mengantisipasi dampak sinar ultraviolet, mencegah keriput, serta membantu proses regenerasi kulit.



terapi jenis ini juga menjadi ide bagi produsen pembuat krim siput di Amerika Selatan. Krim tersebut merupakan campuran susu asam dan siput, dapat digunakan untuk pengobatan jerawat dan menghilangkan bekas luka.




REPTILE THERAPY


teknik relaksasi unik


Terapi pijat ular dikembangkan pemilik Barak Snake Spa di Israel, Ara Barak. bagi banyak orang, ular menjijikkan dan bikin ketakutan. tetapi beberapa orang mengaku rileks dan merasa lebih baik setelah memegang ular.



Menurut Barak, ular-ular peliharaannya mampu memberikan sensasi pijat dan menggosok kulit begitu diletakkan di tubuh pelanggannya. 


Ular-ular kecil ditempatkan di bagian wajah untuk memijat ringan. dan ular besar ditempatkan di tubuh untuk pijatan lebih dalam




0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita & informasi terbaru - All Rights Reserved SeoNey by Blog Ney's