Minggu, 08 September 2013

Bahaya Mendengkur

Apakah kalian semua pernah memainkan Musik di saat anda tidur ?? ( Bagaimana caranya tidur kok bisa memainkan alat musik ) Maksud saya musik Mendengkur alias Ngorok. hehehe... biasanya mendengkur sudah menjadi kebiasaan pasti bagi pemilik Berat badan lebih ( Obesitas ) namun bukan tidak mungkin hal itu terjadi pada pemilik berat badan normal dalam keadaan tertentu.



Ada istilah mendengkur dalam kedokteran yaitu SLEEP APNEA yang terjadi akibat penyempitan saluran pernafasan dan dikatakan gangguan ini bisa berdampak pada kematian ( namun menurut saya, jangankan mendengkur saat tidur, yang bukan gangguan saja bisa berdampak pada kematian.. pernah dengarkan orang tiba-tiba meninggal saat tertawa, saat makan, bahkan saat bercinta ). Pakar gangguan tidur dari Rumah Sakit St George Sidney Australia, Dr. Peter Cistulli, mengatakan, penyempitan saluran pernafasan mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh terhambat.

bahaya mendengkur http://anginbaru.blogspot.com
Mendengkur pada tingkat tertentu bisa membuat pernafasan terhenti (obstructive sleep apnoea). Kondisi ini bisa terjadi berulang kali dengan durasi sekitar 10-60 detik. “Dalam semalam jika mendengkur bisa berhenti bernafas sesaat sebanyak 300 kali,” kata Cistulli.

Berkurangnya suplai oksigen ke seluruh organ tubuh, termasuk otak dan jantung, bekerja keras menjalankan fungsinya masing-masing. itulah alasan Bahaya Mendengkur dalam jangka lama bisa mengakibatkan bermacam penyakit seperti Hipertensi,Stroke dan jantung. kadar oksigen Fluktuatif dapat merusak lapisan sel dalam pembuluh darah.

Yang perlu dihati-hati adalah ketika suara dengkuran terdengar semakin keras, tiba-tiba berhenti, dan disusul hentakan nafas. Kondisi mengakibatkan organ tubuh, terutama jantung, bekerja lebih keras untuk memasok oksigen. “Dan, saat terbangun biasanya akan merasa sakit kepala dan linglung,” ujarnya.
apnea http://anginbaru.blogspot.com



1. Tidur miring
Posisi tidur miring akan membuat aliran udara lebih lancar. Sementara tidur telentang atau tengkurap membuat organ pernafasan tertekan dan memicu dengkuran.

2. Kurangi berat badan
Berat badan berlebih menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mendengkur. Lipatan lemak di sekitar leher membuat aliran udara terhambat.

3. Kurangi konsumsi alkohol
Minuman keras dapat melemahkan sistem saraf di bagian rahang dan tenggorokan yang dapat memicu suara dengkuran.

4. Berhenti merokok
Racun yang terkandung dalam rokok memicu gangguan sistem pernafasan yang akhirnya memicu pola tidur mendengkur.

5. Pakai bantal tinggi 
Posisi kepala lebih tinggi dari badan membuat pernafasan menjadi lebih lancar dan mencegah terjadinya dengkuran.


UNTUK INFO TERBARU LAINYA KLIK LINK DI BAWAH POSTINGAN INI

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Berita & informasi terbaru - All Rights Reserved SeoNey by Blog Ney's